Pengertian Backup dan Restore Basisdata

 
RESUME BACKUP DAN RESTORE BASISDATA
BACKUP adalah memindahkan atau menyalin kumpulan informasi (data)yang tersimpan di dalam hardisk komputer yang biasanya di lakukan dari satu lokasi/perangkat ke lokasi/ perangkat lain
RESTORE adalah fitur di windows untuk mengembalikan sistem ke titik tertentu sebelumnya.ini  semacam melakukan”Undo” terhadap sistem komputer tanpa mempengaruhi file personal seperti email,dokumen, foto, dsb
Hampir setiap komputer yang di fungsikan sebagai web server saat ini memerlukan basisdata untuk menjaga keutuhan sebuah data. Dengan adanya sistem backup – restore yang baika akan dapat menjaga keberlangsungan data dan sistem.
Sistem basis data yang telah dikembangkan dan hampir semuanya telah menyediakan dukungan backup dan restore,salah satu contohnya yang didukung oleh sistem debian adalah sistem basisdata MySQL. Basisdata MySQL merupakan sistem basisdata client server yang dapat mendukung pengolahan data relasional. Secara umum basisdata dapat dikatakan sebagai kumpulan data. Lebih jauh basisdata merupakan kumpulan data yang ditata dengan menggunakan aturan dan struktur tertentu. Secara default basisdata tidak terinstal pada Debian, untuk menginstalnya dapat menggunakan perintah berikut ini.
apt-get install mysql-server
Pada saat instalasi MySQL akan ada data yang perlu diberikan, yakni password untuk user root MySQL. Apabila instalasi berhasil, status dari keaktifan layanan MySQL dapat dicek melalui perintah ini.
/etc/init.d/mysql status 
Gunakan perintah exit untuk keluar dari sistem MySQL.
Perintah berikut dapat digunakan untuk mengaktifkan layanan MySQL apabila dari pengujian diatas belum aktif.
/etc/init.d/mysql start 
BACKUP DATABASE 
Proses backup basisdata di MySQL dapat dilakukan dengan menggunakan perintah berikut ini. 
mysqldump  -u nama user  -p  --data bases  nama  database  > 
/lokasi/filebackup.sql 
Keterangan:
a.    Nama database adalah nama database MySQL yang akan dibackup.
b.    /lokasi/filebackup.sql adalah file yang akan digunakan untuk menyimpan isi file database.
RESTORE DATABASE
Dari file yang dihasilkan oleh aplikasi mysqldump atau program lainnya yang mampu menghasilkan file SQL akan dapat dikembalikan lagi ke sistem database MySQL. Pengembalian ini dapat dilakukan dengan menggunakan perintah berikut.
mysql  –u  root  –p  <  /lokasi/file.sql
Data merupakan hal yang utama dalam sebuah sistem komputer ataupun sistem informasi sehingga perlu ada upaya yang dilakukan untuk senantiasa menjaga keutuhan data. Salah satunya adalah dengan memberlakukan backup untuk setiap data yang ada. Terdapat perlakuan yang berbeda untuk jenis data yang berbeda-beda.
MySQL merupakan salah satu sistem basisdata yang banyak diterapkan di Linux Debian. Sebagai sebuah sistem basisdata yang cukup lengkap, MySQL telah memiliki fasilitas backup dan restore sendiri. Dengan adanya backup ini akan mampu memberikan kenyamanan tersendiri dalam pengelolaan data yang ada oleh klien.
Database Server
Database Server (Server basis data) adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model klien/server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer (umumnya merupakan server) yang didedikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan. Sistem manajemen basis data (SMBD) pada umumnya menyediakan fungsi-fungsi server basis data, dan beberapa SMBD (seperti halnya MySQL ) sangat bergantung kepada model klien-server untuk mengakses basis datanya.
Database adalah tempat dimana kalian meletakkan file-file data yang diperlukan
oleh sebuah website ataupun aplikasi. Berhubung pada saat ini hampir seluruh website sudah berwujud dinamis yang pastinya membutuhkan database, maka kalian juga perlu menginstall sebuah Database Server sebagai lanjutan dari penginstalan Web Server.
Aplikasi database yang cukup sering digunakan adalah Mysql dikarenakan
kestabilan,kehebatannya dan yang pastinya gratis.


Sumber :

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Backup dan Restore Basisdata "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel