7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi - MotoSatu.com


Bagaimanapun Keyboard adalah salah satu Hardware yang memiliki peran sangat penting. Namun karena sering digunakan, keyboard menjadi salah satu bagian laptop yang paling rentan mengalami kerusakan .

Dalam tips kali ini, dibahas mengenai solusi untuk memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi, kurang responsif atau rusak. 

Bagaimna cara memperbaiki Keyboard yang tidak berfungsi? Yuk, lihat penjelasannya dibawah, guys.

1. Restart Laptop

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan apabila keyboar laptop mengalami error atau kerusakan secara tiba-tiba ialah merestart laptop. Dengan merestart kembali laptop diyakini dapat memperbaiki masalah pada sistem operasi (OS) secara langsung, cobalah menekan tombol power yang ada pada perangkat selama beberapa detik.

2. Peruksa Num Lock

Hal lain yang dapat menyebabkan error pada keyboar laptop ialah aktifnya Num Lock. Untuk mematikan Num Lock, kamu dapat menekan tombol 'FN' dan 'NumLk' atau 'Caps Lock' dan 'NumLk' secara bersamaan. Tetapi ada beberapa jenis laptop yang memiliki kombinasi tersendiri untuk mematikan fitur ini.

3. Masalah Pada Driver

Selanjutnya yang bisa mengakibatkan keyboar laptop error atau rusak secara tiba-tiba ialah kesalahan pada driver. Hal ini biasanya terjadi apabila kamu melakukan install ulang pada laptop. Untuk lebih jelasnya lagi, kamu lihat device manager dan cek pada bagian keyboar. Apabila dibagian tersebut terdapat 'tanda seru dengan segitiga berwarna kuning' maka dapat dipastikan driver keyboar mengalami masalah.

4. Lakukan Restore System

Langkah selanjutnya untuk memperbaiki keyboar error atau rusak secara tiba-tiba adalah dengan melakukan system restore. Dengan system restore ini memungkinkan kamu untuk kembali pada keadaan dimana kerusakan atau error belum terjadi.

5. Bersihkan Debu Yang Melekat Pada Keyboard

Salah satu hal yang dapat menyebabkan keyboard error atau rusak ialah debu yang mengendap pada keyboard. Debu ini ternyata dapat menutupi komponen yang ada di dalam laptop. Maka dari itu, apabila laptop kamu mengalami error atau kerusakan pada keyboard, sebaiknya coba untuk membersihkan debu-debu yang ada di dalam keyboard dengan bantuan alat khusus seperti mini vacum cleaner atau kuas halus yang diperuntukan untuk laptop atau pc.

6. Reset Laptop

Apabila keyboard mengalami kerusakan atau error secara tiba-tiba cobalah untuk melakukan reset. Cara untuk melakukan reset pada laptop cukuplah mudah. Pertama kamu matikan laptop atau shut down, lalu lepaskan baterai dan kabel adapter dan diamkan selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu tekan dan tahan tombol power selama 1 menit. Apabila langkah itu sudah dilakukan, kamu bisa memasang kembali baterai dan menghidupkan laptop.

7. Konektor Terlepas

Kemungkinan lain yang dapat menyebabkan keyboard laptop erorr atau rusak secara tiba-tiba adalah adanya masalah pada konektor. Cobalah utnuk memeriksa konektor apakah ada renggang, tertekuk, terlepas, atau konektor mengalami kerusakan. Tetapi langkah ini hanya boleh kamu lakukan apabila kamu memang mengerti cara membuka atau membongkar laptop. Apabila kamu tidak terlalu mengerti sebaiknya meminta bantuan kepada pihak lain atau toko service

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi - MotoSatu.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel