CARA MENGATASI RAM YANG TIDAK TERBACA TERBARU 2019

CARA MENGATASI RAM YANG TIDAK TERBACA


RAM adalah perangkat penyimpanan sementara komputer, meskipun sementara RAM memiliki peran yang sangat penting didalam komputer tanpa ada RAM didalam komputer maka sudah dipastikan komputer itu tidak akan dapat berjalan dengan normal. Memasang RAM didalam komputer itu sangat mudah sekali tinggal tancapkan sampai ada suara klik maka akan selesai.

RAM yang bermasalah seperti ini, pernahkan sobat mengalami gagal booting, pernahkan sobat mengalami komputer lemot, pernahkah sobat mengalami layar monitor tidak tampil, pernahkah sobat mengalami komputer sering restart sendiri. Knealilah semua ada gejala dan permasalahan yang diakibatkan oleh RAM. Nah, artikel kali ini akan memberikan sebuah tips dan trik mengatasi RAM yang tak terbaca oleh komputer baik setelah diganti atau di upgdare, permasalahan seperti ini sudah umum terjadi dan ada banyak solusi untuk mengatasinya, tinggal dari sobat saja mau atau tidak mendiagnosanya. 

Bagaimana cara mengatasi RAM yang tidak terbaca oleh komputer? yuk, disimak artikel di bawah ini.

Baca Juga : MACAM-MACAM LAPTOP BLUE SCREEN DAN SOLUSI MENGATASI BLUE SCREEN

1. Membersihkan Bagian PIN


    Salah satu penyebab RAM tidak terbaca oleh laptop maupun penyebab kerusakan RAM pada laptop adalah debu maupun kotoran. Apalagi jika laptop sering disimpan dalam meja dan tidak pernah disimpan secara rapi di dalam tas. Hal ini menimbulkan kemungkinan laptop terkena debu maupunn kotoran sangatlah besar. Oleh sebab itu, cara mengecek RAM laptop yang pertama adalah sobat harus membongkar terlebih dulu bagian belakang laptop menggunakan obeng, lalu keluarkan RAM pada bagian slotnya. Setelah itu, bersihkan bagian pin pada RAM menggunakan penghapus karet, atau juga bisa menggunakan tisu kering. Bersihkan sampai PIN terlihat mengkilap lagi.

2. Membersihkan Bagian Slot

    Setelah membersihkan RAM namun tidak berhasil maka kita beralih solusi kedua yakni membersihkan bagian slot. Bisa jadi bagian slot RAM juga kotor karena debu maupun kotoran lainnya. Cara untuk membersihkan bagian slot memori RAM adalah dengan menggunakan kuas. Apabila menurut sobar kutang yakin jika hanya menggunakan kuas, kamu juga bisa menggunakan vacum cleaner yang dikhususkan untuk menyedot debu maupun kotoran pada laptop.

3. Ganti Sistem Operasi

     Sistem operasi juga sangat berpengaruh pada RAM. Apabila kapasitas TAM tidak sesuai dengan sistem operasi yang digunakan, maka RAM akan kesulitan dibaca oleh sistem. Contohnya saja sobat sudah memperbarui RAM hingga mencapai 8GB. Akan tapi sistem operasi pada laptop masih menggunakan versi 32 bit. Dengan begitu, sistem opersasi kesulitan dalam membaca kapasitas RAM yang sudah diperbarui. Oleh karena itu, solusi untuk masalah seperti ini adalah dengan memperbarui sistem operasi pada laptop menjadi versi 64 bit. Sebab, jika sobat sudah melakukan upgrade pada bagian RAM, maka bagian softwarenya juga harus dilakukan pembaruan juga.

4. Mengganti RAM Dengan yang Baru

     Apabila semua cara sudah dilakukan dan masih tidak ada perubahan, naka satu-satunya cara adalah dengan mengganti RAM dengan RAM baru. Akan tetapi,sebelum kamu melakukan pergantian. Ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu apakah memang benar RAM memiliki ciri-ciri rusak atau tidak. Caranya sukup mudah, jika sobat atau teman sobat memiliki RAM bekas yang masih bagus, cobalah untuk memasangya pada laptop. Jika pada laptop RAM dapat bekerja dengan baik, maka permasalahannya memang benar ada pada RAM. Namun sebaiknya, jika RAM masih tidak terbaca pada laptop, maka permasalahannya ada pada laptop itu sendiri.

Belum ada Komentar untuk "CARA MENGATASI RAM YANG TIDAK TERBACA TERBARU 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel